Bahasa Indonesia
1. Iklan Elektronik
a. Iklan Radio
Radio merupakan media auditif yang bersifat
atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk
menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio
memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan
melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice
(suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang
teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang
tidak beraturan maupun efek suara alam).
b. Iklan Televisi Iklan televisi adalah iklan
yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan
kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik,
yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan
melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan. Melalui televisi
kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan
kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk, kreasinya dapat
berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk
yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik
tidaknya sebuah iklan.
c. Iklan Internet Iklan internet adalah iklan
yang ditampilkan melalui jaringan internet.
Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas
dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat
disampaikan secara dramatis dan interaktif
2. Paparan dalam iklan elektronik
a. Paparan Iklan Melalui Radio
Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu
dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio dibuat dengan
mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek
suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan
suasana yang mendukung skenario.
b. Paparan Iklan Melalui Televisi
Pembuatan iklan televisi diawali dengan
membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar
yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah
rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi.
c. Paparan Iklan Melalui Internet
Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada
papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web.
3. Contoh media elektronik radio, TV, laptop, HP,
komputer.
CONTOH JAWABAN:
IPA
1. Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu
yang menempati ruang dan mempunyai massa. Misalnya air, batu, pasir, tanah,
kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya
tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas.
Berdasarkan komponen penyusunannya, materi
dibedakan atas zat tunggal dan campuran.
2. Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat
yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa
unsur dan senyawa.
a. Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi
lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam
dan nonlogam. contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun
contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.
b. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari
beberapa unsur. contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.
3. Zat campuran adalah zat yang
komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan
sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran
heterogen.
a. Zat campuran homogen adalah campuran yang
terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. contoh
campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan
oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).
b. Zat campuran heterogen adalah
campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu
secara sempurna. contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air
dengan tanah, dan air dengan minyak.
No comments:
Post a Comment