RANGKUMAN TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS 5
IPA
1. 97% air yang menutupi bumi adalah air laut.
Sedangkan 3% air di bumi merupakan air berupa air segar, yaitu air yang tidak
asin dan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.
2. Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen,
yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang
terdapat di dalamnya.
1. Persyaratan secara fisik yaitu
tidak, tidak berwarna apa pun, tidak berasa apa pun, tidak berbau apa pun, suhu
antara 10o-25o C (sejuk), dan tidak meninggalkan
endapan.
2. Syarat kimiawi yaitu tidak mengandung bahan
kimiawi yang mengandung racun, tidak mengandung zat-zat kimiawi yang
berlebihan, cukup yodium, pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2 3.
3. Syarat mikrobiologi yaitu tidak mengandung
kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera
3. Persyaratan air bersih berdasarkan kuantitas
dan kualitas menurut Menteri Keuangan Kesehatan Republik Indonesia sbb :
a. aman dan higienis
b. baik dan layak
c. tersedia dalam jumlah yang cukup
d. mudah terjangkau oleh sebagian besar
masyarakat
4. Sumber air yang digunakan masyarakat berasal
dari sumber air, sungai dan sumur yang ditampung dalam tangki penampung air
yang ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya.
Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah
penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.
5. Kualitas air yang dapat digunakan untuk
mencuci pakaian adalah
harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun. Ketika mencuci sebaiknya tidak menggunakan air sadah.
Air sadah, yaitu air yang mempunyai kandungan mineral tinggi. Jika digunakan untuk melarutkan detergen, air sadah hanya sedikit menghasilkan busa. Akibatnya, kemampuan detergen mengangkat noda pada pakaian akan berkurang. Mencuci pakaian dengan air sadah juga akan mengakibatkan pakaian menjadi kusam.
Air sadah, yaitu air yang mempunyai kandungan mineral tinggi. Jika digunakan untuk melarutkan detergen, air sadah hanya sedikit menghasilkan busa. Akibatnya, kemampuan detergen mengangkat noda pada pakaian akan berkurang. Mencuci pakaian dengan air sadah juga akan mengakibatkan pakaian menjadi kusam.
6. Kualitas air yang dapat digunakan untuk
menyiram tanaman adalah air
yang tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi tanaman, misalnya air detergen.
Namun, kita dapat menggunakan air bekas mencuci bahan makanan atau air hujan
untuk menyiram tanaman.
7. Akibat berkurangnya cadangan air tanah
a. mengakibatkan banyak mata air kering
b. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim
kemarau
c. penduduk di daerah perdesaan kesulitan
mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.
d. hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman
pangan kekeringan.
8. Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan
untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.
a. Menghemat penggunaan
air.
b.Membuat lubang resapan. Lubang resapan
berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
c. Menanam pohon supaya
akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
9. Faktor-faktor apa yang menyebabkan
persediaan air bersih berkurang :
a. Polusi
b. Membuang sampah dan limbah di aliran air
c. Berkurangnya pepohonan
d. Sedikitnya potensi penampungan air hujan
e. Global warming
f. pemakaian pupuk pestisida
g. tumpahan minyak dari kapal-kapal pembawa minyak
10. Akibat
kekurangan air bersih
§ Kebutuhan manusia akan air bersih tidak tercukupi.
§ Hasil panen berkurang.
§ Banyak hewan mati karena tidak adanya air
11. Penghematan
air :
a.
Mandi dengan pancuran
lebih irit daripada mandi di bathtub.
b.
Gosok gigi dengan
keran tertutup. Bila membiarkan keran terbuka sepanjang satu menit saja artinya
membuang 1 botol galon air bersih dalam sehari.
c.
Membuat lubang
biopori. Lubang ini akan mengikat air saat hujan. Air kemudian diikat sebagai
sumber air tanah dan bisa menjadi suplai air bersih.
d.
Memasang talang air.
Dengan adanya talang, air hujan dapat disalurkan ke bidang yang lebih rendah
misalnya selokan. Atau lebih baik lagi masuk ke sumur resap
e.
Mematikan air setelah
mencuci tangan.
f.
Periksa
kondisi sambungan antara pipa air dan keran air, pada setiap titik saluran air
di dalam rumah. Jika ada kebocoran segera ambil langkah-langkah untuk mengatasi
seperti menambal
SBdP
1. Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan
kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa.
2. Ciri-ciri karya gambar cerita
a. Memperjelas ide cerita atau narasi.
b. Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau
cerita yang disampaikan.
c. Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan
atau cerita
d. Menceritakan urutan beristiwa
e. Memuat gambar lebih banyak daripada teks
cerita
3. Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering atau
teknik basah. Teknik kering menggunakan media pensil, arang, kapur, krayon,
atau bahan lain yang tidak memerlukan air atau minyak. Sebaliknya, teknik basah
menggunakan media berupa cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang
memerlukan air atau minyak khusus sebagai pengencer.
4. Perhatikan gambar cerita di bawah ini!
Gambar tersebut merupakan
cuplikan dari buku cerita bergambar yang berjudul “Kakek Bangau yang Baik
Hati”. Buku tersebut menceritakan sebuah sawah yang kekeringan. Ketam dan katak
yang biasa hidup di situ menjadi sangat tersiksa. Mereka meminta pertolongan
kepada Kakek Bangau. Merasa iba, maka Kakek Bangau terbang berkeliling
mencarikan tempat berair bagi ketam-ketam dan katak-katak. Akhirnya Kakek
Bangau menemukan sebuah telaga, lalu dipindahkannya katak-katak dan ketam-ketam
ke telaga itu.
5. Perhatikan gambar cerita di bawah ini!
Gambar di atas merupakan gambar dari sebuah
cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam
menyelesaikan tugas mewarnai.
6. Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
· Persiapan Bahan dan Alat
· Menentukan Tema
· Pembuatan Sketsa
· Penyelesaian Gambar
IPS
1. Kegiatan ekonomi agraris adalah kegiatan ekonomi penduduk yang
memanfaatkan faktor alam. Contoh kegiatan ekonomi agraris adalah pertanian,
perikanan, peternakan, perkebunan dan kehutanan.
2. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan
konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu
kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.
3. Produksi
produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk
menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih
bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan produksi
disebut produsen.
Contoh kegiatan produksi
· mengolah kacang kedelai menjadi tahu dan tempe
· mengolah susu menjadi keju dan susu bubuk
· mengolah daging ayam menjadi nuget
· Pabrik kertas memproduksi buku
Kegiatan produksi berpengaruh terhadap
kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi
adalah barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber
daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia.
Pendapatan yang diperoleh dari kegiatan
produksi dapat digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi
kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.
4. Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil
produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut
distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan
jalan yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada
konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.
Pelaku kegiatan ditribusi sbb:
a. pedagang besar/agen tunggal
b. pedagang menegah/grosir
c. pedagang eceran/pengecer (toko)
d. importir
e. eksportir
Contoh kegiatan distribusi :
· pengiriman susu dari peternak sapi perah ke
pabrik susu
· pengiriman hasil produksi makanan ringan ke
agen dan ke toko
· pengiriman hasil pertanian ke pasar
5. Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan manusia
mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk
mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu.
Pengor banan dapat berupa uang atau waktu .
Contoh kegiatan konsumsi :
· saat beristirahat murid membeli jajanan di
kantin sekolah
· pemakaian baju untuk melindungi tubuh
· saat pagi keluargaku makan bersama
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
seseorang :
· kemampuan dalam menyediakan barang dan jasa
· kemampuan dalam membeli barang dan jasa
· tingkat harga barang dan jasa
· tingkat pendapatan
· selera dan tingkat kebutuhan
Tingginya konsumsi masyarakat mencerminkan
tingkat kemakmuran masyarakat.
6. Keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha menimbulkan
keuntungan, yaitu:
· Tersedianya semua kebutuhan manusia baik
barang maupun jasa
· Meningkatnya kesejahteraan warga masyarakat.
· Semakin eratnya rasa persatuan dan kesatuan
warga.
· Tumbuhnya sikap saling menghargai sesama
warga.
· Tumbuhnya rasa kebersamaan dalam
mendukung keragaman.
6. Produksi pakaian melibatkan
peran banyak pihak: petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan
penjahit. Setiap pihak memiliki peran penting. Identifikasikan peran dan
keuntungan yang diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan
penjahit.
No.
|
Jenis Usaha
|
Peran
|
Keuntungan yang Diperoleh
|
1.
|
Petani Kapas
|
Menghasilkan buah kapas
|
Memperoleh uang dari penjualan kapas
|
2.
|
Pemintal Benang
|
Mengubah serat kapas menjadi benang
|
Memperoleh jasa dari pekerjaannya
|
3.
|
Pemilik pabrik tekstil
|
Mengubah benang menjadi kain
|
Memperoleh keuntungan dari penjualan kain
|
4.
|
Pegawai pabrik tekstil
|
Melakukan proses produksi kain
|
Memperoleh jasa dari pemilik pabrik tekstil
|
5.
|
Penjahit
|
Mengubah kain menjadi pakain
|
Memperoleh jasa dari pemesan baju
|
7. Peran pemirintah dalam perekonomian yaitu :
a. Menjaga stabilitas ekonomi
b. pengaturan dan pengawasan kegiatan ekonomi
c. menyediakan barang dan jasa yang diperlukan
masyarakat
d. membelanjakan pendapatan negara untuk
kebutuhan pemerintah
Bahasa Indonesia
1. Membuat kalimat tanya berdasarkan gambar
Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar di atas buatlah kalimat
tanya dan jawabannya!
1. Kegiatan apa yang dilakukan pada gambar tersebut? Gambar
menunjukkan kegiatan penanaman pohon atau biasa disebut reboisasi.
2. Di mana kegiatan itu biasa dilakukan? Kegiatan penanaman pohon
dapat dilakukan di daerah perbukitan yang tandus serta di lingkungan sekitar,
seperti halaman rumah atau sekolah.
3. Apa tujuan dari kegiatan itu? Kegiatan penanaman pohon bertujuan
menghijaukan lingkungan dengan tanaman-tanaman berdaun hijau.
4. Apa manfaat dari kegiatan itu? Manfaat dari kegiatan penanaman
pohon: membuat lingkungan menjadi lebih asri, memanfaatkan lahan tidur, menjaga
daerah resapan air, menjaga cadangan air, menghasilkan oksigen, menjadi tempat
tinggal bagi hewan menjadi sumber makanan bagi hewan dan manusia
2. Setiap bacaan yang kamu baca memuat inti
masalah. Inti masalah merupakan informasi penting yang dibahas dalam bacaan.
Informasi penting dalam bacaan meliputi :
a. objek yang dibicarakan (apa)
b. berkaitan dengan orang yang ada dalam
pembicaraan (siapa)
c. berkaitan dengan waktu (kapan)
d. berkaitan dengan tempat (di mana)
e. berkaitan dengan alasan (mengapa)
f. berkaitan dengan uraian peristiwa
(bagaimana)
PKn
1. Menurut kodratnya, manusia
berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial,
manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk
ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun
makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral,
manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang
lain.
2. Cara
menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.
a. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam
kegiatan perekonomian.
b.
Menghormati usaha
ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
c.
Menjunjung tinggi
setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
d.
Meneladani
keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
3. Nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial
di lingkungan tempat tinggalku:
- Saling menghargai antar sesama
o Bergotong royong antar sesama
o Menolong jika sesama memerlukan
o Saling bekerja sama antar sesama
4. Macam Kebudayaan :
a. Kebudayaan Jasmani
merupakan kebudayaan yang dapat dirasakan,
dilihat dan diraba. Contohnya arsitektur bangunan, rumah adat, pakaian adat,
alat musik, senjata tradisional, makanan tradisional.
b. Kebudayaan Rohani
merupakan kebudayaan yang dapat dirasakan
tetapi tidak dapat dilihat atau diraba. Contohnya ideologi dan kepercayaan
No comments:
Post a Comment